Kamis, 15 Mei 2014

Sifat Komunikasi

  • Tatap Muka (face to face)
Komunikasi yang dilakukan 2 orang atau lebih dengan cara komunikasi secara langsung (bertemu/tatap muka) tanpa melalui perantara/media apapun. komunikasi yang dilakukan di mana komunikator berhadapan langsung dengan komunikannya memungkinkan respon yang langsung dari keduanya.
contoh : saat bertemu dan menanyakan kabar, dll
  • Bermedia (mediated)
adalah komunikasi yang menggunakan media seperti handphone, surat, komputer, dan lain-lain. contoh : saat mengirm pesan menggunakan handphone via sms, dll.
  • Verbal (verbal)
komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal. komunikasi ini dapat berupa ucapan langsung dari komunikator (oral) juga berupa pesan yang dikomunikasikan lewat tulisan oleh komunikator.
  • Nonverbal (non-verbal)
komunikasi non verbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata.contoh komunikasi nonverbal adalah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti : pakaian, potongan rambut, dsb, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar