Senin, 19 Mei 2014

Macam-Macam Tata Ruang Kantor

Secara garis besar, tata ruang kantor dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

  1. Ruang kantor terbuka (open plan offices)

Semua aktivitas dilaksanakan bersama-sama oleh beberapa pegawai dalam satu ruangan besar yang terbuka serta tidak dipisahkan oleh tembok atau penyekat yang terbuat dari kayu.

  • Keuntungannya adalah :

a. Memudahkan perubahan lay out ruangan tanpa perlu biaya yang tinggi.
b. Memudahkan komunikasi dan koordinasi kerja antarpegawai baik.
c. Menghemat penggunaan penerangan dan peralatan kerja.
d. Memudahkan penempatan, penggunaan, dan perawatan peralatan kerja.
e. Memudahkan pengawasan.

  • Kelemahannya adalah :

a. Sulit melakukan pekerjaan yang bersifat rahasia.
b. Memerlukan air conditioning untuk mengurangi debu dan pendingin udar serta air cleaner untuk mengurangi bau.
c. Memungkinkan terjadinya kebisingan yang mengganggu konsentrasi kerja.

    2.  Ruang kantor tertutup (closed plan offices)

Tempat bekerja dipisahkan dalam kamar-kamar atau ruangan yang dipisahkan oleh tembok atau penyekat yang terbuat dari kayu.

  • Keuntungannya adalah :

a)Cocok untuk pekerjaan yang harus terjamin kepentingan, kerahasiaan, dan keamanannya, baik dari segi pembicaraan, dokumen-dokumn, atau asset perusahaan yang berharga.
b)Konsentrasi terhadap pekerjaan dapat lebih mudah.
c)Dapat lebih menghargai tamu.

  • Kerugiannya adalah :

a)Membutuhkan biaya yang lebih besar untuk memisahkan ruangan, lebih banyak alat komunikasi.
b)Mempersulit perubahan lay out kantor atau fleksibilitas ruangan kurang.
c)Komunikasi dan koordinasi lebih sulit jika tidak ditunjang oleh alat komunikasi yang memadai.
d)Mempersulit pengawasan.

1 komentar: